Saturday, January 4, 2020

Alur Pembuatan SKCK di Polres Banjar Kota Banjar Patroman Jawa Barat

Arief

Status Terbaru

  • Permohonan maaf

    Arief Rahmat Pamungkas memohon maaf kepada siapapun yang pernah merasa tersakiti oleh Saya. Semoga Anda berkenan memaafkan semua kesalahan dan kekhilafan Saya. Terima kasih
  • Permohonan Doa

    Semoga semua dosa-dosa semasa Kang Arief Rahmat Pamungkas hidup diampuni oleh Allah SWT, dan diterima amal ibadahnya, aaamiiin.. Terima kasih telah mendo'akan dan mengaminkan.

Karir

  • 2009 - Magang

    Announcer
    C Radio 88.7 FM
    Kota Banjar
  • 2010 - Kontrak

    Pramuniaga
    Ria Busana Grup
    Kota Bandung
  • 2010-2013 (Mandiri)

    Wiraswasta
    Arief Pulsa
    Kota Bandung
  • 2013 - Sekarang (Tetap)

    Staff Cashier Collection
    Finance Accounting
    PT. SAT, Tbk
    Balaraja - Tangerang

Project

Foto Arief

Contact Arief

Anda punya penawaran kerja sama?
sementara kosong

slot iklan

Alur Pembuatan SKCK di Polres Banjar Kota Banjar Patroman Jawa Barat - www.a-arief.com

Saat Saya membuat SKCK di Kota Banjar, alamat Polres Banjar berada di jalan Siliwangi nomor 145 berdampingan dengan kantor Walikota Banjar dan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjar.


Hanya perlu waktu 3 jam, waktu yang dibutuhkan oleh Saya untuk membuat SKCK di Kota Banjar. Proses dari awal sampai mendapatkan SKCK, Saya kerjakan sendiri. Berikut adalah Alur Pembuatan SKCK di Polres Banjar Kota Banjar Patroman Jawa Barat :

Surat pengantar dari RT/RW

Pagi-pagi, Saya menemui Bapak ketua RT untuk membuat surat pengantar. Setelah dari ketua RT, saya pergi ke ketua RW. Dalam pembuatan surat pengantar di RT dan RW, Saya tidak dipungut biaya. Gratis.

Tanda tangan kepala Kelurahan dan kepala Kecamatan

Surat pengantar dari RT/RW memerlukan tanda tangan bapak kepala kelurahan dan kepala kecamatan. Tidak hanya tanda tangan, surat pengantar dari RT/RW yang Saya bawa juga dicatat di Kelurahan dan Kecamatan. Dalam pembuatan surat pengantar RT/RW di tingkat Kelurahan dan Kecamatan, Saya tidak diminta biaya. Gratis.

Waktu yang Saya lalui untuk meminta tanda tangan kepala Kelurahan dan kepala Kecamatan adalah masing-masing kurang lebih hanya 5 menit. Karena Saya datang pagi-pagi pukul 08.00 WIB begitu kantor Kelurahan dan kantor Kecamatan baru buka.

Jarak dari kantor Kelurahan Banjar ke kantor Kecamatan Banjar relatif dekat. Jadi pukul 08.30 WIB Saya sudah berada di Polsek untuk proses selanjutnya.

Surat rekomendasi dari Polsek sesuai domisili KTP

Setelah tanda tangan di surat pengantar lengkap, Saya dipersilakan untuk membuat surat rekomendasi dari Polsek yang sesuai dengan alamat domisili di KTP. Karena Saya beralamat di Kecamatan Banjar, maka Saya mendatangi Polsek Banjar. Di Polsek Banjar, Saya melapor ke SPKT dan menjelaskan maksud kedatangan Saya.

Di Polsek Banjar, Saya dilayani oleh petugas bagian SKCK/Sat Intelkam Polsek. Saya menyerahkan surat pengantar dari RT/RW dan diminta potokopi KTP, Kartu Keluarga dan 1 lembar foto close up wajah berukuran 4x6 dengan latar berwarna merah.

Di surat rekomendasi Polsek, Saya diminta mencantumkan keperluan membuat SKCK. Disini harus spesifik dan sesuai dengan keperluan. Jadi jangan sampai salah menyampaikan ke petugas. Keperluan yang Saya sampaikan ke petugas adalah untuk melamar pekerjaan daftar ojek online.

Hanya perlu waktu 5 menit untuk mendapatkan surat rekomendasi dari Polsek Banjar. Saya mendapatkan surat rekomendasi dari Polsek Banjar secara gratis.

Membuat SKCK di Polres Banjar

Langsung saja Saya memasuki Polres dan menuju ke bagian pelayanan SKCK (foto diatas). Di ruang pelayanan SKCK, Saya memperlihatkan dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan pembuatan SKCK.

Setelah berkas diterima dan dinyatakan lengkap, Saya dipersilakan membayar Rp. 30.000 ke loket kas pelayanan Bank BRI yang berada di dalam komplek Polres Banjar (tepatnya berdekatan dengan ruangan reserse/reskrim). Pungutan ini resmi masuk ke PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dilengkapi dengan kwitansi.

Selanjutnya setelah mengantongi kwitansi pembayaran PNBP pembuatan SKCK, Saya diarahkan untuk membuat kartu sidik jari. Ruangan pembuatan kartu sidik jari berada di sebelah ruangan satlantas.

Di bagian pembuatan kartu sidik jari, Saya diminta menyerahkan foto close up, samping kiri, dan samping kanan wajah berlatar belakang warna merah masing-masing 1 lembar. Jika lupa atau foto yang dibawa kurang, bisa foto mendadak di koperasi Polres yang ruangannya berada di belakang ruang tunggu pelayanan SKCK.

Semua jari tangan Saya, baik kanan maupun kiri, direkam oleh petugas. Selesai membuat kartu sidik jari, Saya diminta biaya Rp. 10.000. Untuk biaya yang diminta ini Saya tidak tahu persis resmi atau tidak, karena tidak mendapatkan kwitansi dari petugas yang meminta.

* Note / disclaimer : Perihal biaya Rp. 10.000 yang belum jelas resmi atau tidak, apa yang Saya tulis di artikel ini adalah real berdasarkan fakta pengalaman Saya (Jika ada bantahan, saksi : Tuhan Yang Maha Esa, Saya, dan petugas tersebut). Dipublikasikan tanpa niat mencemarkan nama baik sebuah institusi akibat ulah oknum jika pungutan tersebut ternyata adalah pungutan liar.

Selesai dari bagian perekaman kartu sidik jari, Saya mengisi formulir identitas diri untuk mendapatkan SKCK. Setelah berkas Saya serahkan, Saya mendapatkan pre-print SKCK, diminta oleh petugas untuk mengecek semua apakah sudah sesuai dengan identitas atau belum? Jika ada yang keliru, jangan sungkan untuk meminta petugas merevisi.

Setelah Saya menyatakan pre-print SKCK punya Saya sudah sesuai, 1 menit berselang SKCK dari Polres pun terbit. Demikianlah artikel alur pembuatan SKCK di Polres Banjar yang Saya tempuh berdasarkan pengalaman Saya. Jika Anda punya pengalaman atau pertanyaan, silakan bertanya di kolom komentar, akan Saya bantu jawab sesuai pengetahuan Saya.