Wednesday, January 15, 2020

Cara Melindungi Artikel dari Copy Paste Untuk Blog AMP

Arief

Status Terbaru

  • Permohonan maaf

    Arief Rahmat Pamungkas memohon maaf kepada siapapun yang pernah merasa tersakiti oleh Saya. Semoga Anda berkenan memaafkan semua kesalahan dan kekhilafan Saya. Terima kasih
  • Permohonan Doa

    Semoga semua dosa-dosa semasa Kang Arief Rahmat Pamungkas hidup diampuni oleh Allah SWT, dan diterima amal ibadahnya, aaamiiin.. Terima kasih telah mendo'akan dan mengaminkan.

Karir

  • 2009 - Magang

    Announcer
    C Radio 88.7 FM
    Kota Banjar
  • 2010 - Kontrak

    Pramuniaga
    Ria Busana Grup
    Kota Bandung
  • 2010-2013 (Mandiri)

    Wiraswasta
    Arief Pulsa
    Kota Bandung
  • 2013 - Sekarang (Tetap)

    Staff Cashier Collection
    Finance Accounting
    PT. SAT, Tbk
    Balaraja - Tangerang

Project

Foto Arief

Contact Arief

Anda punya penawaran kerja sama?
Mau kegiatan komunitas, organisasi, atau berita di daerah Anda muncul di hasil pencarian Google? Kirim artikel ke www.a-arief.com - GRATIS!

Panduan - Kirim Tulisan

Tambahkan aplikasi www.a-arief.com di smartphone tanpa install :

  • Buka www.a-arief.com dengan browser Chrome di smartphone Anda.
  • Klik ikon 3 titik di browser
  • Klik bookmark atau CTRL+D (Google chrome di PC).
  • Kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama" (Google chrome di mobile : hp/smartphone).
  • Selanjutnya klik aplikasi www.a-arief.com dari layar utama smartphone Anda.





Copy paste adalah bentuk plagiat yang tercela. Copy paste tidak menghargai usaha orang lain yang sudah mengorbankan pikiran, waktu dan tenaga untuk menulis artikel



Sub Menu Utama :

Sebenarnya ada DMCA sebagai wasit di Google Search Engine (GSE). Pemilik artikel original dapat melaporkan kepada DMCA jika ada konten artikel blognya yang di copy paste mentah-mentah tanpa menyertakan link sumber apalagi tanpa izin. Nah, sebelum bergantung dengan DMCA, silakan lakukan upaya preventif (pencegahan) dengan memasang script atau kode anti copy paste di blog anda.

Karena menurut beberapa teman blogger, DMCA tidak menjamin 100% bahwa artikel kita bisa dilindungi jika di duplikat oleh oknum blogger lain. Bahkan ada teman-teman blogger yang mengaku percuma lapor DMCA, jika laporannya justru ditolak dengan alasan tidak cukup bukti. Padahal tanggal terbit artikel terpampang jelas di blognya.

Saya juga pernah mengalami kesalnya artikel di copy paste mentah mentah tanpa rewrite sama sekali. Alhasil, terdeteksi duplikat artikel. Dan di beberapa kejadian, justru artikel copas nangkring lebih atas daripada artikel originalnya. Kan ambyar kalau begitu! Iya tidak teman-teman blogger!?

Karena blog Saya menggunakan template AMP, Saya jarang memodifikasi kode di dalamnya. Semata-mata untuk menghindari eror style amp-custom is too long. Tetapi akhirnya Saya menemukan tutorial cara melindungi artikel dari copy paste yang valid AMP.

Pengertian anti copy paste


Script anti copy paste adalah kode yang memblok kursor untuk bisa menyeleksi teks. Bukan hanya itu, script anti copy paste ini juga bisa memblok klik kanan maupun shortcut keyboard ctrl+c.

Dengan script anti copy paste ini kita bisa mencegah oknum-oknum blogger yang berniat copy paste artikel-artikel unggulan dari blog kita. Dan untuk blogger yang mengulas tutorial, jangan khawatir, script ini hanya memblokir tindakan seleksi artikel pada teks postingan. Sementara kode-kode yang di simpan pada syntax highlighter, bisa di copy seperti biasa.

Buat yang belum tahu cara membuat syntax highlighter, bisa membuatnya dengan tutorial sederhana tadi (klik tautan) dan sudah valid AMP.

Kesimpulannya script ini sangat cocok digunakan pada blog AMP dan diaplikasikan ke blog-blog dengan niche tutorial blogger, tutorial game, tutorial website, edukasi, dan review tempat wisata, smartphone, makanan, dan lain-lain.

Memasang anti copas di blog valid AMP


Cari kode #main-wrapper. Kemudian copy (ctrl+c) kode dibawah dan paste (ctrl+v) setelah #main-wrapper{padding:0 20px 0 0}. Jika tidak ada, seperti biasa, paste (ctr+v) dibawah amp-custom.


.post-body {-webkit-user-select: none; /* Chrome all / Safari all */ -moz-user-select: none; /* Firefox all */ -ms-user-select:none; /* IE 10+ */ user-select: none; /* Likely future */  }