Tuesday, January 7, 2020

Cara Membayar Pajak Kendaraan di Samsat Balaraja Tangerang Banten

Arief

Status Terbaru

  • Permohonan maaf

    Arief Rahmat Pamungkas memohon maaf kepada siapapun yang pernah merasa tersakiti oleh Saya. Semoga Anda berkenan memaafkan semua kesalahan dan kekhilafan Saya. Terima kasih
  • Permohonan Doa

    Semoga semua dosa-dosa semasa Kang Arief Rahmat Pamungkas hidup diampuni oleh Allah SWT, dan diterima amal ibadahnya, aaamiiin.. Terima kasih telah mendo'akan dan mengaminkan.

Karir

  • 2009 - Magang

    Announcer
    C Radio 88.7 FM
    Kota Banjar
  • 2010 - Kontrak

    Pramuniaga
    Ria Busana Grup
    Kota Bandung
  • 2010-2013 (Mandiri)

    Wiraswasta
    Arief Pulsa
    Kota Bandung
  • 2013 - Sekarang (Tetap)

    Staff Cashier Collection
    Finance Accounting
    PT. SAT, Tbk
    Balaraja - Tangerang

Project

Foto Arief

Contact Arief

Anda punya penawaran kerja sama?
Mau kegiatan komunitas, organisasi, atau berita di daerah Anda muncul di hasil pencarian Google? Kirim artikel ke www.a-arief.com - GRATIS!

Panduan - Kirim Tulisan

Gratis aplikasi www.a-arief.com di smartphone tanpa install :

  • Buka www.a-arief.com menggunakan Google Chrome dari smartphone Anda.
  • Klik tanda 3 titik di pojok kanan atas Google Chrome
  • Cara pertama klik bookmark atau CTRL+D (Google chrome di PC).
  • Cara kedua centang "Tambahkan ke layar utama" (Google chrome di mobile : hp/smartphone).
  • Untuk membaca artikel-artikel dari www.a-arief.com tinggal klik aplikasi www.a-arief.com dari layar utama smartphone Anda.





Pengalaman Saya membayar pajak di Samsat Balaraja - www.a-arief.com | Alur proses pembayaran pajak di Samsat Balaraja



Menu Utama

Sabtu, 4 Januari 2020 Saya mengurus sendiri pembayaran pajak kendaraan roda dua (motor) di Samsat Balaraja, yang saat itu beralamat di Jalan Raya Parahu Balaraja, Parahu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten 15610.

Saya telusuri di Google Search beberapa hari sebelumnya, pelayanan Samsat Balaraja tetap buka, meskipun di hari Sabtu, dengan jam pelayanan pukul 08.00 - 11.00 Wib. Sementara di hari Senin - Jum'at, Samsat Balaraja melayani masyarakat pukul 08.00 - 14.30 Wib.

Lokasi Samsat Balaraja yang baru secara geografis memang unik. Karena tidak seperti kantor pemerintah yang lazimnya berada dekat dengan pusat pemerintahan Kota/Kabupaten, justru Samsat Balaraja sedikit "menyendiri" ke dalam.

Kantor Samsat Balaraja yang baru relatif mudah di akses karena tempatnya dekat dengan RSUD Balaraja. Sehingga masyarakat mudah menemukan lokasi kantor Samsat cukup dengan mengingat nama RSUD Balaraja.

Sebelum memulai proses pembayaran pajak kendaraan bermotor milik Saya, Saya menyiapkan dokumen berikut :

Persyaratan bayar pajak kendaraan roda dua (motor)

  • BPKB Asli + fotokopi 2 lembar
  • STNK Asli + fotokopi 2 lembar
  • KTP/SIM Asli + fotokopi 2 lembar

Bagaimana jika kita tidak sempat melakukan fotokopi dokumen-dokumen persyaratan bayar pajak diatas? Jangan khawatir, di area dalam kantor Samsat Balaraja ada jasa fotokopi. Lokasinya dekat dengan pengambilan plat nomor baru bagi masyarakat yang mengurus ganti kaleng.

Harga paket fotokopi adalah Rp. 5.000 (sudah termasuk map). Dan untuk tarif parkir motor adalah Rp. 2.000 saja (area parkir sudah terpasang canopy sehingga kendaraan kita bebas dari hujan jika hujan turun).

Alur proses bayar pajak di Samsat Balaraja


Berbekal map yang sudah berisi persyaratan lengkap seperti diatas, silakan masuk ke lobi Samsat Balaraja. Di sebelah kiri dari pintu masuk, terdapat petugas jaga yang memeriksa kelengkapan dokumen persyaratan. Jika sudah lengkap, anda akan diberikan nomor antrian.


Selanjutnya simpan map berisi dokumen persyaratan bayar pajak plus nomor antrian di loket 1 pendaftaran dan penetapan, tepatnya di loket 1 pendaftaran perpanjangan STNK 5 tahun R2. Dokumen asli yang disimpan hanya KTP/SIM dan STNK. Sementara BPKB tidak dilampirkan.


Dokumen dalam map tadi diambil oleh petugas. Saya diminta memperlihatkan BPKB asli kepada petugas tersebut. Dan BPKB yang diperlihatkan oleh Saya kepada petugas tadi, kemudian dikembalikan kepada Saya. Saya dipersilakan menunggu di depan loket 2 yaitu pembayaran pajak di Bank Banten.


Urutan pemanggilan tidak tentu, tergantung berkas wajib pajak mana yang lebih dahulu diterima. Kadang-kadang yang dipanggil adalah nama wajib pajak pemilik kendaraan, terkadang pula yang dipanggil adalah nomor urut antrian wajib pajak. Jadi, usahakan mata dan telinga tetap fokus ke loket 2 selama menunggu.

Di loket 2 ini adalah pembayaran pokok pajak, Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), dan denda (jika ada). Silakan lihat di STNK motor/mobil anda untuk mengetahui nominal pajak kendaraan anda. Upayakan membawa uang pecahan kecil seperti Rp. 50.000, Rp. 20.000, Rp. 10.000, Rp. 5.000, Rp. 2.000 dan Rp. 1.000 untuk mengantisipasi tidak ada kembalian.

Memang benar sih bahwa kita membayar pajak di loket yang dikerjakan oleh profesional (pihak perbankan). Tetapi tidak ada salahnya bukan, selalu persiapan untuk hal-hal yang tidak terduga. Seperti mendadak uang pecahan kecil di kasir habis?

Setelah kewajiban pajak kita dinyatakan lunas, tinggal menunggu pengesahan pajak, STNK dan KTP/SIM kembali. Untuk penggunaan SIM, jika KTP kita beralamat diluar domisili yang di cover oleh Samsat Balaraja. Contoh : KTP Saya yang baru beralamat di Kota Banjar (Jawa Barat), dan SIM masih yang lama (beralamat di Tangerang).

Total waktu yang Saya pergunakan dari awal sampai selesai untuk proses bayar pajak di Samsat Balaraja adalah kurang lebih 1 jam. Waktu yang Saya maksud tergantung situasi dan kondisi. Sehingga masing-masing wajib pajak tidak akan sama durasi waktunya.

Demikianlah pengalaman Saya membayar pajak di Samsat Balaraja pada Januari 2020. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari informasi tentang bagaimana cara membayar pajak di Samsat Balaraja terbaru. Jika ada pertanyaan atau memiliki pengalaman pribadi yang berbeda, silakan bertanya di kolom komentar.