Wednesday, October 28, 2020

Impian Merintis Karir Menjadi Juara E-Sports Bersama ASUS ROG Phone 3 - The Ultimate Winner

Arief

Status Terbaru

  • Permohonan maaf

    Arief Rahmat Pamungkas memohon maaf kepada siapapun yang pernah merasa tersakiti oleh Saya. Semoga Anda berkenan memaafkan semua kesalahan dan kekhilafan Saya. Terima kasih
  • Permohonan Doa

    Semoga semua dosa-dosa semasa Kang Arief Rahmat Pamungkas hidup diampuni oleh Allah SWT, dan diterima amal ibadahnya, aaamiiin.. Terima kasih telah mendo'akan dan mengaminkan.

Karir

  • 2009 - Magang

    Announcer
    C Radio 88.7 FM
    Kota Banjar
  • 2010 - Kontrak

    Pramuniaga
    Ria Busana Grup
    Kota Bandung
  • 2010-2013 (Mandiri)

    Wiraswasta
    Arief Pulsa
    Kota Bandung
  • 2013 - Sekarang (Tetap)

    Staff Cashier Collection
    Finance Accounting
    PT. SAT, Tbk
    Balaraja - Tangerang

Project

Foto Arief

Contact Arief

Anda punya penawaran kerja sama?
sementara kosong

slot iklan

Halo teman-teman dunia maya dimanapun berada. Pengunjung setia blog www.a-arief.com ๐Ÿ˜‰. Bagaimana kabar teman-teman hari ini? Semoga dalam keadaan sehat, bahagia, dan berlimpah rezeki. Aaamiiin..


Lalu bagaimana dengan kabar saya sendiri? Alhamdulillah, saya dalam keadaan sehat dan sangat bahagia. Suasana hati saya sedang bahagia sejak ASUS Indonesia resmi merilis smartphone gaming ROG Phone 3 di Indonesia pada 24 September 2020.



ASUS ROG Phone 3 adalah smartphone kelas atas (high end) terbaru dari ASUS yang dirancang khusus untuk gamer profesional, gamer pemula yang sedang merintis karir di cabang olahraga eSports, dan siapa saja yang ingin merasakan sensasi bermain game dengan, gawai yang memiliki spesifikasi paling juara saat ini. ASUS ROG Phone 3 mempunyai fitur-fitur nomor satu yang, sampai dengan tanggal rilis ASUS ROG Phone 3, belum ada di smartphone lain, termasuk smartphone khusus gaming dari brand lain.

Sub Menu Utama

Sebagai seorang pemula di dunia gamers, saya menyambut antusias peresmian ASUS ROG Phone 3. Saya memimpikan suatu saat nanti bisa memiliki ASUS ROG Phone 3. ๐Ÿคฒ Semoga impian saya, dan juga impian para gamers lain, dapat terwujud secepatnya. Aaaamiiin..

Saya yang saat ini sudah berumah tangga tidak dapat langsung membeli smartphone gaming impian saya karena, keuangan dikelola oleh istri sebagai ibu polda (polisi dapur). Hehe.. Jadi, saya harus meyakinkan istri agar anggaran untuk membeli ASUS ROG Phone 3 bisa cair.

Alkisah pada suatu malam. Di tempat tidur terjadi percakapan sederhana antara saya dengan istri. Berikut adalah percakapan ๐Ÿคด saya dengan ๐Ÿ‘ธ istri .

๐Ÿ‘ธ
Pah, anak kita kan sudah berusia 5 tahun, pada 17 Agustus 2020 kemarin. Apa Papah tidak kepikiran membuka bisnis sampingan yang hasil keuntungannya nanti, buat tabungan biaya dan bekal kuliah anak? Ketimbang main gim terus saat waktu senggang! ๐Ÿ˜ค

๐Ÿคด
Iya Mah, Papah juga ini lagi berlatih. Papah kan pemalu, Papah belum berani buka usaha sampingan. Apalagi sekarang kan, sedang masa pandemi Covid-19, Mah. Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk #dirumahaja dan #jagajarak. Papah juga merasa, passion Papah bukan di situ. Sebagai bagian dari generasi milenial yang energik, Papah maunya mendapatkan penghasilan yang berangkat dari hobi.

๐Ÿ‘ธ
Berlatih apa Pah? Itu bermalas-malasan namanya. Buang-buang kuota saja! Ayo dong Pah! pikirkan masa depan anak kita. Papah jangan main game terus! Mamah khawatir nanti, anak kita bisa meniru kemalasan Papah! Anak kita mau jadi apa nanti?

๐Ÿคด
Mamah belum tahu. Sekarang itu era digital. Gamers telah menjadi profesi yang masuk ke dalam ekosistem industri kreatif. Open minded, come on. Zaman sekarang kita bisa mendapatkan uang dari internet. Salah satunya adalah profesi gamers ini, Mah. Di masa yang akan datang, profesi gamers akan semakin diminati karena memiliki masa depan yang cerah. Nanti Mamah juga bisa-bisa bilang menantu idaman mertua adalah gamers. Kalau menurut Papah nih, kapan lagi coba, bisa menghasilkan uang sekaligus menekuni hobi? Kerja koloran dari rumah tapi menghasilkan cuan. ๐Ÿ˜Š

Selebrasi keberhasilan EVOS Esports team yang menjuarai event Mobile Legend M1 World Championship 2019. Foto: Skyegrid Media

Bermain gim juga memiliki manfaat untuk yang memainkannya loh Mah. Termasuk untuk anak-anak, ada manfaatnya. Ini dia manfaat bermain gim :

  • Menghilangkan stres dan kejenuhan dari rutinitas pekerjaan utama.
  • Melatih kesabaran dan kemampuan menyusun strategi/mencari solusi dalam menghadapi setiap tantangan tersulit pada tingkatan (level) permainan.
  • Melatih komunikasi dan koordinasi dengan teman-teman satu tim (melatih kerjasama).
  • Melatih bahasa asing. Karena kebanyakan bahasa utama pada gim adalah bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Gamers dengan sendirinya akan mencari tahu arti dari setiap kata dan kalimat yang ada di beranda, menu, dan arena permainan.
  • Mengurangi potensi selingkuh karena sibuk dengan hobi. Hahaha..

๐Ÿ‘ธ
Papah ini berkhayal saja. Mana bisa gamers memiliki masa depan? Kerjanya saja bermalas-malasan seperti Papah sekarang ini.

๐Ÿคด
Mamah benar-benar belum tahu ternyata. Papah kasih tahu, penghasilan gamers zaman now itu bukan main besar Mah. Malah bisa buat nikah lagi nambah istri, eh.. Hahaha. Salah satunya kalau berhasil meraih juara dari setiap mengikuti kompetisi gaming. Kompetisi gaming itu sering sekali digelar. Salah satu event kompetisi game mobile yang baru-baru ini sukses diselenggarakan adalah :

Foto: ASUS

๐Ÿ‘ธ
Papah! Jangan tambah aneh deh berkhayalnya. Ada tidak buktinya? Coba beri tahu Mamah, contoh gamers yang mendulang gepokan rupiah dari bermain game?

๐Ÿคด
Lihat sendiri deh Mah, infografis karya Arie Pratama yang tayang di berita online CNBC Indonesia. Sangat inspiratif bukan!? Papah termotivasi dengan kesuksesan mereka. Usia masih sangat muda tapi, sudah mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah eSports regional Asia khususnya, dan kelak perlahan tapi pasti akan mendunia. Selain penghargaan berupa piala dan uang yang melimpah tentunya.
๐Ÿ‘ธ
Eh iya Pah. Waaah.. Sampai miliaran penghasilannya. Gaji dari Papah kerja selama 1 tahun juga tidak sampai segitu ya, Pah. Hehe.. Selama ini, orang awam seperti Mamah menganggap game sebagai pembodohan, bagian dari konspirasi global untuk membuat generasi muda Indonesia tertinggal dalam Sumber Daya Manusia (SDM). Sekarang ternyata sudah berbeda zamannya. Tapi apa Papah yakin bisa seperti mereka? Alasan lain ingin menekuni eSports selain karena hobi, apa Pah? Supaya Mamah yakin untuk mendukung Papah.

๐Ÿคด
Hahaha, Mamah kebanyakan nonton sinetron sih jadi paranoid. Mah, Papah optimis bisa menjadi juara seperti atlet-atlet eSports yang sudah ada dan bisa eksis sampai sekarang. Bisa kan karena terbiasa berkat rajin berlatih. Tetapi kesuksesan tidak bisa diraih dengan instan, Mah. Perlu melalui proses dan dukungan infrastruktur yang representatif. Para gamers seperti Papah perlu smartphone khusus gaming, Mah. Supaya bisa lebih maksimal dalam berlatih dan bertanding. Papah butuh smartphone terbaru yang dirancang khusus untuk gaming : ASUS ROG Phone 3. Papah memilih merintis karir menjadi atlet eSports karena bisa berlatih dari rumah, cukup terhubung dengan internet, tidak perlu keluar rumah. Jadi, Papah bisa selalu berada disamping Mamah dan anak kita. Mamah tidak akan cemas selama Papah terlihat oleh Mamah sepanjang waktu. Kalau memilih bidang lain, mungkin Papah akan sering berada di luar rumah. Nanti, Mamah curiga, ketika Papah pulang telat misalnya. Karena namanya di jalan, kita tidak pernah tahu akan selalu lancar atau mendapatkan kendala. Iya kan Mah?

๐Ÿ‘ธ
Oh, jadi Papah mau hp baru? Hm.. Harganya berapa, Pah? Ingat, jangan ganggu uang belanja bulanan. Sebenarnya, yang masih mengganjal di hati Mamah itu, kan Papah sekarang pakai smartphone flagship yang harganya lumayan. Kenapa tidak pakai yang ada saja sih, Pah? Keuangan kita juga kan lagi pas-pasan akibat pandemi Covid-19.

๐Ÿคด
Iya Mah. Papah lihat di website resmi ASUS, harga ASUS ROG Phone 3 varian 8/128 Rp9.999.000,00 dan varian 12/256 Rp14.999.000,00. Harga ASUS ROG Phone 3 lebih murah jika dibandingkan dengan spesifikasi sultan yang dimilikinya.

Kita masih punya tabungan berupa logam mulia. Papah mau jual dulu tabungan logam mulia 10 gram milik kita untuk memiliki ASUS ROG Phone 3.

Karena memiliki ASUS ROG Phone 3 saat ini adalah investasi paling tepat untuk orang-orang seperti Papah yang, sedang merintis menjadi atlet eSports. Karena ASUS ROG Phone 3 memiliki fitur-fitur nomor satu yang, tidak ada pada smartphone flagship punya Papah sekarang. Padahal secara harga, sama-sama Rp9 jutaan.

HP Papah sekarang vs Asus ROG Phone 3
Fitur
HP sekarang

☆☆☆☆☆
(0/5)
ASUS ROG 3

⭐ ⭐ ⭐ ⭐ ⭐
(5/5)
SoC ❎ Snapdragon 865 2.84 GHz ✅ Snapdragon 865+ 3.1 GHz
Memory ❎ RAM 6GB Storage 128GB RAM 8GB Storage 128GB
Layar ❎ AMOLED 120Hz HDR10+ ✅ AMOLED 144Hz HDR10+ 650 nits
Baterai ❎ 4500 mAh Fast charging 25W 6000 mAh Fast charging 30W
Kamera ❎ 12-8-12 MP 4K@30/60fps 1080p@30/60fps (gyro-EIS) 64-13-5 MP 8K@30fps 4K@30/60/120fps 1080p@30/60/240fps 720p@480fps gyro-EIS

Untuk bisa memainkan game-game yang dipertandingkan pada kejuaraan eSports, diperlukan hp khusus gaming ASUS ROG Phone 3 yang memiliki performa terbaik, kencang, bertenaga, dan tangguh. ASUS ROG Phone 3 menjadi penyempurna dari hp gaming ASUS terdahulu, yaitu ASUS ROG Phone 2 yang telah teruji mampu dan memiliki reputasi tinggi ketika, melibas berbagai jenis game. Termasuk game-game berkategori paling berat sekalipun.

Dilansir dari berita liputan6.com, sejarah mencatat kesuksesan penjualan ASUS ROG Phone 2 di Tiongkok pada akhir Juli 2019 yang, berhasil menjual lebih dari 10.000 unit hanya dalam waktu 73 detik. Waw! Amazing! Bermula dari kesuksesan penjualan ASUS ROG Phone 2 dan ekspektasi yang tinggi dari pencinta game mobile terhadap ASUS ROG Phone series, maka kehadiran ASUS ROG Phone 3 tahun ini memang sangat dinanti-nantikan oleh para gamers.

Apa peningkatan signifikan pada ASUS ROG Phone 3 dari seri pendahulunya (ASUS ROG Phone 2)? Banyak sekali fitur-fitur unggulan yang mendapatkan upgrade. Selebihnya fitur-fitur yang sudah dianggap baik di ASUS ROG Phone 2, masih tetap dipertahankan di ASUS ROG Phone 3.

Spesifikasi : ASUS ROG Phone 2 vs Asus ROG Phone 3
Fitur
ASUS ROG 2

Harga mulai Rp8.499.000
ASUS ROG 3

Harga mulai Rp9.999.000
Chipset Snapdragon 855+ 2.96 Ghz Snapdragon 865+ 3.1 GHz
Memory LPDDR4X/UFS 3.0 LPDDR5X/UFS 3.1
Layar AMOLED 120Hz HDR10+ AMOLED 144Hz HDR10+ 650 nits
SIM Cards Dual slots: Dual 4G SIM standby Dual slots: Dual 5G SIM standby
Kamera Sony IMX586 48-13 MP; video 4K UHD (3840 by 2160) 1080p FHD @30/60fps 720p HD 30fps Sony IMX686 64-13-5 MP; 8K@30fps 4K@30/60/120fps 1080p@30/60/240fps 720p@480fps gyro-EIS

Performa apik ASUS ROG Phone 2 berhasil meraih prestasi prestisius dengan gelar Winner. Best Performing : HIGH-END GAMING SMARTPHONE pada ajang digit ZERO 1 AWARDS 2019. Bravo, selamat atas pencapaian terbaik ASUS ROG Phone 2 dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras seluruh tim ASUS ROG Phone dan ASUS.

Foto : ASUS Fanspage on Facebook

Track record ASUS ROG Phone series yang cemerlang membuat optimisme dan ekspektasi kepada ASUS ROG Phone 3 semakin tinggi. Ingin mempertahankan dan mengulang prestasi serupa, ASUS ROG Phone 3 benar-benar meningkatkan kualitas sebagai bukti memiliki komitmen yang kuat untuk menjadi brand dan smartphone gaming terbaik di dunia.

So, buat siapa saja yang bertanya, sekarang mending memiliki ASUS ROG Phone 2 atau langsung memiliki ASUS ROG Phone 3? Maka jawabannya adalah... jreng.. jreng.. jreng.

Untuk kaum mendang mending, pilih ASUS ROG Phone 3 RAM/ROM 8GB/128GB. Karena dengan selisih hanya Rp1 jutaan, sudah bisa memiliki smartphone gaming terbaik di dunia saat ini berkat dukungan chipset Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus (7nm), 5G, prosesor 64-bit Octa-core 3.1 GHz, layar AMOLED 144Hz refresh rate, baterai 6000 mAh, dan AirTrigger3.

Sementara untuk kaum sultan dan pro, ASUS ROG Phone 3 RAM/ROM 12GB/256GB adalah pilihan paling tepat. Dan smartphone gaming ASUS ROG Phone 2 masih sangat layak untuk gamers pemula (newbie).


Berbicara soal smartphone gaming, maka gim yang akan dimainkan adalah gim mobile. Dan berikut ini adalah daftar game-game mobile terfavorit, terbaik, dan terpopuler yang, dimainkan para gamers Indonesia dan sering dipertandingkan di kompetisi eSports nasional maupun internasional.

  • Mobile Legends - Bang Bang. Kompetisi nasional : Piala Presiden
  • Arena of Valor (AOV).
  • PlayerUnknown Battlegrounds (PUBG)
  • Fortnite
  • Dota 2
  • Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO)
  • Pro Evolutiom Soccer (PES)
  • Point Blank
  • Clash Royal
  • Heartstone

Dan gim online juga terbagi ke dalam beberapa kategori berikut ini :

  • Real Time Strategi (RTS)


    Gim Real Time Strategi (RTS) adalah gim peperangan yang, meminta pemainnya untuk mengatur strategi terbaik untuk memenangkan permainan.

  • First Person Shooter (FPS).


    Gim First Person Shooter (FPS) adalah gim yang berhubungan dengan tembak-menembak dari sudut pandang orang pertama. Dalam gim ini pemain bisa memilih sendiri karakter yang akan dimainkan karena setiap karakter memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menembak.

  • Role Playing Game (RPG)


    Gim Role Playing Game (RPG) adalah gim yang memiliki karakter-karakter khayalan dalam sebuah dongeng. Untuk memenangkan gim RPG, harus mengikuti alur cerita dan bisa memerankan karakter yang ada pada gim tersebut dengan baik.

  • Life Simulation Game (LSG)


    Gim Life Simulation Game (LSG) adalah memainkan kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan manusia di dunia nyata. Memainkan gim ini cukup mudah karena hanya melakukan hal-hal yang dikerjakan manusia seperti bekerja, berbelanja, berinteraksi, belajar, dan lain-lain.

  • Adventure


    Gim adventure adalah permainan petualangan yang seru, menegangkan (memacu adrenalin), sekaligus menyenangkan. Jenis gim ini memiliki level tantangan yang relatif akan lebih sulit, dari setiap level yang telah dilalui.

Game-game di atas yang terdiri dari berbagai macam kategori akan berjalan lancar (tidak ada lag atau jeda patah-patah) pada smartphone yang memiliki spesifikasi juara seperti berikut ini :

1. Fastest Mobile Processors

Foto : ASUS

Otak dari kinerja smartphone adalah System on a Chip (SoC). Saat ini Snapdragon™ SM8250 865+ (7 nm+) adalah System on a Chip (SoC) versi terbaru dan tertinggi (kasta elite gaming) dari Qualcomm®.

ASUS ROG Phone 3 adalah pelopor (yang pertama kali) menggunakan chipset elite gaming Qualcomm® SM8250 Snapdragon™ 865+ (7 nm+).

Didukung CPU octa-core 64-bit dengan speed 3.1 GHz Kryo 585 (clock speed paling cepat saat ini), 3x2.42 GHz Kryo 585, dan 4x1.8 GHz Kryo 585 membuat ASUS ROG Phone 3 meraih skor tertinggi pada benchmark (tes performa) berikut :

Hasil benchmark HP flagship punya saya sekarang dengan HP impian Asus ROG Phone 3
Tools
HP saya sekarang
ASUS ROG 3

⭐ ⭐ ⭐ ⭐ ⭐
AnTuTu (V8) ❎ 543986 621932
GeekBench (V5.1) ❎ 3296 3386
GFXBench (ES 3.1 onscreen) ❎ 45 fps 48 fps

Sumber : gsmarena.com

Keunggulan chipset Qualcomm® Snapdragon 865™ yang ada PLUS-nya (+) adalah 10x lebih kencang dari seri Snapdragon 865™ (tanpa plus), mampu bekerja dengan intensitas yang tinggi (FPS yang dihasilkan sangat stabil, no drop secara tiba-tiba/0% throttling) tetapi, tetap efisien dalam konsumsi daya/baterai, dan temperatur suhu smartphone tetap terjaga (tidak overheat) ketika digunakan dalam waktu yang lama.

2. Stunning 144Hz Display


Memiliki grafis yang berkualitas dan menakjubkan. Saat ini, grafis terbaik dan tertinggi pada game mobile adalah 144Hz refresh rate.

Smartphone gaming yang sudah support 144Hz refresh rate adalah ASUS ROG Phone 3. Menggunakan GPU Adreno 650, ASUS ROG Phone 3 memiliki layar AMOLED ukuran 6.59 inci beresolusi 2340 x 1080 piksel (391 ppi) dengan refresh rate 144 Hz/1 ms dan touch sampling rate 270 Hz (ini berarti bahwa setiap kali jari menyentuh layar, mampu menangkap respons 270 kali per detik. Sehingga sangat responsif, akurat, dan sensitif).

Foto : ASUS

ASUS ROG Phone 3 hanya memiliki touch latency 25ms. Touch latency ASUS ROG Phone 3 adalah yang paling rendah pada kelas smartphone gaming. Berdasarkan rilis GameBench, rentang touch latency 0-83 ms pada layar yang memiliki 60Hz refresh rate termasuk ke dalam kategori Ultra (sangat baik). Berkat touch latency 25ms pada ASUS ROG Phone 3, bye-bye touch delay (lag) yang menjadi sebab mood bermain gim menurun drastis (salah satu sebab AFK saat main gim).

Panel layar ASUS ROG Phone 3 memiliki akurasi warna yang sangat akurat. Ini terlihat dari indikator nilai Delta E yang nilainya kurang dari satu poin.

Buat gamers hardcore sekaligus kpopers (eh ini bagaimana ceritanya?) yang, membutuhkan selingan untuk mencari hiburan lain dengan, menonton video klip terbaru dari idol Kpop atau, nonton drama Korea terbaru, layar ASUS ROG Phone 3 sudah beresolusi FHD HDR10+ dengan tingkat kecerahan mencapai 1000 nits (maksimal) dan piksel warna lebih dari 1 miliar colour sehingga, hasil warna yang tampil sangat tajam, detil, dan nyaman untuk ditatap oleh mata walaupun sampai menghabiskan waktu berjam-jam.

Karena layar AMOLED 10-bit HDR+ ASUS ROG Phone 3 sudah mendukung teknologi low blue light yang baik untuk kesehatan mata. Blue light adalah sinar biru yang dipancarkan dari layar perangkat digital seperti laptop, ponsel, televisi, PC, tablet, dan perangkat gadget lainnya. Apabila sinar biru ini memiliki ketajaman pada level high, sangat berbahaya untuk kesehatan mata.

ASUS ROG Phone 3 telah lulus uji pengujian Low Blue Light dan Flicker Reduced. Sehingga sudah memiliki sertifikasi “ramah mata” dari TรœV Rheinland.

Menariknya, desain layar ASUS ROG Phone 3 memiliki lengkung 2.5D berlapis pelindung layar Corning® Gorilla® Glass 6 dengan bezel yang relatif tipis di bagian atas dan bawah ponsel. Layar ASUS ROG Phone 3 juga sudah mampu merespons 10 sentuhan secara bersamaan (multi touch), termasuk ketika tangan menggunakan sarung tangan (gloves).

Mengusung OS android 10, antarmuka ASUS ROG Phone 3 sangat elegan berkat kustomisasi dari ROG UI - ZenUI.

3. Built for Gamers


Dalam memilih smartphone gaming, selain memprioritaskan memilih spesifikasi System on a Chip (SoC) dan grafis yang terbaik, jangan lupa juga untuk, mempertimbangkan aspek pendukung dan menjatuhkan pilihan kepada smartphone yang dirancang khusus untuk gamers (built for gamers).

Seperti apa sih kriteria hp yang dirancang khusus untuk gamers? Inilah kriteria hp yang secara khusus dirancang untuk para gamers :

3. 1. Game Center


Foto : ASUS

Smartphone gaming seharusnya memiliki pengaturan khusus yang merangkum berbagai keperluan gamers dalam satu markas komando. Sehingga, gamers lebih leluasa dalam merancang strategi untuk mengoptimalkan setiap potensi ketika gim berlangsung.

ASUS ROG Phone 3 memiliki markas komando yang bernama aplikasi Armoury Crate. Dari markas komando (aplikasi Armoury Crate) ini, pengguna bisa melihat informasi teknis yang menampilkan kondisi dan performa ponsel secara realtime. Kinerja CPU, GPU, RAM (memory), penyimpanan, baterai, temperatur suhu, dan frekuensi (clocked) dapat dipantau dari aplikasi Armoury Crate.

Dengan aplikasi Armoury Crate (Game Genie) juga bisa mengatur refresh rate layar, frekuensi maksimum CPU, blokir notifikasi, mengaktifkan pembersih memory ketika mulai bermain, dan menyalakan mode X.

Mode X adalah profil khusus hasil kustomisasi pengguna (manage games) pada perangkat yang dapat meningkatkan kinerja ponsel dalam memainkan gim sesuai kebutuhan dengan 4 opsi performance mode, yaitu gaming tuning, hardcore tuning, same as system setting, dan off.

Manfaat dari aplikasi Armoury Crate adalah bisa mengatur ponsel sesuai dengan kebutuhan (Performance Booster). Saat memainkan gim yang relatif ringan, cukup mengatur ponsel dalam keadaan default (untuk menghemat daya). Ketika sedang fight, bisa memaksimalkan kinerja ponsel dengan mengaktifkan mode X yang memiliki 3 level performance supaya permainan dapat berjalan lebih smooth. Fitur juara ini biasa kita temui pada PC gaming dengan istilah overclock.

Pada mode X ini pengguna juga dapat mengubah lampu latar RGB pada logo ROG di bagian belakang perangkat, mengatur kecepatan kipas, dan menyesuaikan preferensi Air Triggers.

Bukan hanya itu, di markas komando Armoury Crate, pengguna bisa melihat perpustakaan gim (game library) yang kompatibel dengan ASUS ROG Phone 3. Hampir semua gim sudah kompatibel dengan ASUS ROG Phone 3 karena, ASUS ROG Phone 3 memiliki layar dengan refresh rate tertinggi untuk saat ini. Yaitu 144Hz. Perpustakaan gim pada aplikasi Armoury Crate, selain menampilkan banyak pilihan gim menarik, juga menampilkan refresh rate pada gim, mulai dari 60Hz, 90Hz, 120Hz, sampai 144Hz.

Foto : ASUS

Selain itu, di markas komando Armoury Crate kita juga bisa melihat daftar gim yang bisa dimainkan menggunakan aksesoris khusus seperti TwinView Dock 3 dan ROG Kunai 3 Gamepad.

3. 2. Network


Foto : uc.ac.id

Teknologi internet 5G adalah generasi terbaru jaringan internet yang menjanjikan kecepatan unduhan 10 sampai 20 kali lebih cepat daripada kecepatan internet generasi 4G. Dalam waktu dekat, Indonesia segera menyusul negara-negara lain yang sudah tersedia teknologi jaringan 5G.

ASUS ROG Phone 3 membekali teknologi jaringan 5G sebagai senjata pamungkas untuk menaklukkan gim-gim paling ekstrim dan berat. Karena dalam menaklukkan gim-gim berat, diperlukan kolaborasi antara System on a Chip (SoC), panel layar dan teknologi jaringan yang terbaik. Jika hanya mengandalkan SoC dan panel layar saja, tanpa didukung teknologi jaringan internet tercepat, gim yang dimainkan akan tersendat-sendat (lag).

Teknologi jaringan 5G ASUS ROG Phone 3 memiliki kecepatan download up to 2.8 Gbps, kecepatan upload up to 542 Mbps, dengan jangkauan yang lebih luas, dan koneksi yang lebih stabil. Mempunyai kecepatan koneksi internet paling cepat saat ini, kualitas ASUS ROG Phone 3 saat memainkan gim online, streaming video, video conferencing, dan live streaming adalah yang terbaik di dunia.

Jadi ketika mendownload gim-gim berukuran besar seperti LifeAfter, Animus Harbinger, Republique, Honkai Impact 3, Asphalt 9 Legends, Pro Evolutin Soccer (PES), Call Of Duty Mobile, dan PUBG Mobile yang rata-rata memiliki ukuran lebih dari 1 GB, kita tidak perlu wifi lagi kan? Karena dengan teknologi jaringan internet 5G, ASUS ROG Phone 3 dijamin ngebut, dapat mengunduh gim-gim berukuran jumbo dengan hitungan menit, bahkan detik!.

3. 3. RAM and ROM


Random Acces Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM) adalah sistem memori pada PC, Laptop, dan smartphone. Fungsi RAM dan ROM pada smartphone gaming tidak kalah penting dengan otak dari sebuah ponsel (SoC). Perpaduan otak smartphone gaming dengan sistem memori yang baik mampu menghasilkan pengalaman bermain gim yang lancar tanpa kendala.

ASUS tentu saja sudah berpengalaman dalam dunia smartphone gaming yang memainkan gim-gim mobile bergenre adventure, RTS, FPS, sampai RPG. Gim-gim tersebut memiliki size yang besar. Mulai dari gim bersize ratusan MB sampai gim bersize monster belasan GB. Oleh karena itu di ROG Phone 3, ASUS menyediakan pilihan RAM 8GB dengan storage 128GB dan RAM 12GB storage 256GB yang, lebih dari cukup untuk menampung puluhan gim bersize jumbo.

Fungsi dari RAM adalah untuk mencadangkan semua data dalam jangka waktu tertentu (cache). Dengan teknologi RAM terbaru (LPDDR5) berkapasitas besar, kemampuan ASUS ROG Phone 3 dalam hal multitasking dan memainkan gim-gim berat sangat baik.

3. 4. Sensor


Smartphone gaming sudah selayaknya memiliki sensor yang lengkap untuk kenyamanan bermain gim seperti pada konsol. ASUS ROG Phone 3 memiliki prasyarat itu sebagai fitur yang menasbihkan ASUS ROG Phone 3 sebagai smartphone gaming terbaik saat ini berkat keberadaan AirTrigger3 pada sisi kanan atas dan kanan bawah bodi.

AirTrigger3 pada ASUS ROG Phone 3 memiliki motion sensor yang lebih intuitif dengan tambahan berbagai gesture terbaru yang lebih baik dari AirTrigger pendahulunya pada ASUS ROG Phone 2.


Gamers yang terbiasa dan, sering memainkan gim sepakbola seperti PES pada konsol, tentu tidak akan mengalami kendala ketika memiliki ASUS ROG Phone 3. Ini berkat AirTrigger3 pada ASUS ROG Phone 3 yang memiliki fungsi seperti tombol L1 dan R1 pada joystick gim konsol.

Dan ketika memainkan gim FPS, AirTrigger3 juga sangat berguna sekali. Sangat membantu untuk menembak musuh lebih cepat dan terarah. Pada gim FPS multipemain, kecepatan eksekusi adalah kunci memenangkan permainan.

Penyuka gim balapan akan semakin dimanjakan dengan fitur motion sensor yang dapat digunakan sebagai kontrol kemudi. Cara kerja motion sensor cukup menggerakkan smartphone ke depan dan ke belakang, atau ke kanan dan ke kiri. Sama dengan AirTrigger 3, motion sensor juga dapat diprogram untuk disesuaikan dengan game yang akan dimainkan.

Sensor sidik jari menggunakan teknologi in display fingerprint yang sangat responsif dalam membaca sidik jari. Sensor lain pada ASUS ROG Phone 3 sangat lengkap. Dari mulai sensor gyroscope (gerakan), sampai sensor ultrasonic pada AirTrigger 3.

3. 5. Connectivity


Untuk konektivitas, ASUS ROG Phone 3 memiliki fitur yang sangat menonjol, yaitu teknologi ASUS ROG HyperFusion. Teknologi ROG HyperFusion memiliki peran menggabungkan teknologi internet 5G dengan WiFi 6 secara bersamaan saat bermain game dan aktivitas lain yang membutuhkan koneksi internet.

Untuk non gamers, tetapi termasuk gamers, bisa dengan mudah melakukan transaksi uang digital (e-money) seperti cek saldo, top up, dan melakukan pembayaran. Berkat fitur NFC, membayar pembelian voucher gim di minimarket misalnya, bisa dilakukan dengan hanya mendekatkan perangkat ASUS ROG Phone 3 ke card reader. Sehingga sangat praktis tanpa perlu membawa kartu debit/kredit kemana-mana.

ASUS ROG Phone 3 yang diperuntukkan untuk hardcore gamers sudah dilengkapi sistem konektivitas (sambungan) bypass charging seperti pada ASUS Zenfone 7. Konektivitas pengisian daya dapat diatur (battery care) supaya terhubung langsung ke smartphone ketika baterai sudah terisi penuh (charging limit).

Ketika permainan sedang berlangsung, untuk menghidupkan atau mematikan fitur kesukaan gamers hardcore (bypass charging) ini, bisa dilakukan dari overlay Game Genie pada ponsel.

Ada juga konektivitas ROG Connect, untuk terhubung dengan sesama gamers di Republic of Gamers (ROG). Pengguna ASUS ROG bisa berkomunikasi satu sama lain untuk sharing dan mencari lawan tanding.

3. 6. Monster Battery and Fast Charging


Bermain gim bersifat adiktif. Bahkan bisa sampai lupa waktu. Tidak memainkan gim dalam rentang waktu yang relatif lama karena smartphone kehabisan daya baterai dan jauh dari powerbank (padahal baru hitungan menit dari memainkan gim terakhir), bisa membuat gusar, kesal, dan jenuh. Apalagi kehabisan baterai saat sedang seru-serunya mengejar ketinggalan, sedikit lagi membalikkan keadaan (epic comeback), atau ketika selangkah lagi meraih kemenangan. Kentang (kena tanggung) banget kan!?

Itu tidak akan terjadi pada ASUS ROG Phone 3. Karena ASUS ROG Phone 3 tidak hanya andal dalam System On a Chip (SoC), tetapi memiliki baterai berkapasitas besar 6000 mAh. Dilengkapi teknologi fast charging 30 watt, ASUS ROG Phone 3 mampu mengisi daya sampai terisi 50% hanya dengan waktu 35 menit.

Foto : ASUS

Tidak perlu waktu yang lama, hanya untuk menunggu baterai kembali terisi penuh. Dengan waktu hanya 1 jam, baterai ASUS ROG Phone 3 sudah terisi 80%. Pengisian terasa relatif sangat cepat jika melihat kapasitas baterai yang mencapai 6000 mAh. Pengguna ASUS ROG Phone 3 bisa melanjutkan memainkan gim favoritnya dengan berlama-lama tanpa khawatir kehabisan baterai di tengah pertandingan. Karena pada ASUS ROG Phone 3 terdapat sistem power saving yang berfungsi untuk menghemat daya.

Foto : ASUS

Melewati permainan yang panjang pada game hardcore biasanya akan berakibat terhadap suhu smartphone yang meningkat. Untuk menjaga temperatur suhu supaya tetap pada batas wajar, ASUS ROG Phone 3 sudah dibekali sistem pendingin GameCool 3 plus 3D Vapor Chamber yang hadir dengan desain terbaru.

Heatsink GameCool 3 terbaru 6x lebih besar. Heatsink ASUS ROG Phone 3 yang berperan sebagai ventilasi pembuangan udara panas terlihat pada bagian belakang ponsel dengan tulisan Aerodynamic system pada potongan knife bermotif warna-warni seperti pelangi.

Untuk memperpanjang umur masa pakai baterai, ASUS ROG Phone 3 memiliki fitur AI Charging yang, berfungsi mengatur pengisian daya agar tetap dalam keadaan aman. Sebagai contoh pada siang hari pengisian akan berlangsung dengan cepat, karena smartphone digunakan secara intensif. Sementara pada malam hari, pengisian akan berjalan perlahan karena intensitas penggunaan smartphone menurun.

3. 7. Camera


Walaupun menyandang gelar smartphone gaming, sektor kamera seharusnya tetap diperhatikan sebagai salah satu fitur yang harus ada dengan kualitas terbaik untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Supaya tidak hanya memikat kalangan gamers hardcore saja.

ASUS peduli dengan harapan dan keinginan konsumen seperti di atas. Terbukti pada ASUS ROG Phone 3 yang memiliki kamera superior menggunakan sensor terbaru dari Sony IMX686 yang bisa diandalkan di berbagai kondisi cahaya. Semua warna pada objek akan ditampilkan dengan tajam dan jelas.

Foto : ASUS

Teknologi kamera pada ASUS ROG Phone 3 juga selangkah lebih maju ke masa depan. Saat ini teknologi perekaman video 4K UHD (3840 x 2160) pada smartphone saja masih relatif langka. ASUS ROG Phone 3 sudah satu langkah berada di depan dengan teknologi perekaman video 8K UHD (7680 x 4320) 30 fps pada ponsel. Hasil rekaman video dari kamera utama ASUS ROG Phone 3 sangat stabil berkat fitur 3-axis electronic image stabilization.

ASUS ROG Phone 3 sudah dilengkapi fitur wind noise cancellation. Fitur tambahan ini membuat ASUS ROG Phone 3 mampu merekam suara dengan lebih baik saat vlogging di luar ruangan dengan kondisi angin yang biasanya berhembus lebih kencang.

Kamera depan ASUS ROG Phone 3 yang memiliki resolusi 24 megapiksel sudah lebih dari cukup untuk keperluan mendokumentasikan aktivitas diri sendiri (vlogging) maupun bersama teman-teman (selfie/wefie). Selain untuk gamers, ternyata ASUS ROG Phone 3 bisa juga untuk para content creator.

4. Immersive Gaming Experience


Untuk mendapatkan pengalaman bermain gim yang secara visual hampir sempurna mendekati kenyataan, selain merancang ASUS ROG Phone 3 secara khusus built for gamers, ASUS juga memperhatikan nilai tambah pada :

4. 1. Design



Material ASUS ROG Phone 3 terbuat dari glass dengan frame alumunium.

Memiliki ASUS ROG Phone 3 diyakini dapat meningkatkan aura ketampanan/kecantikan pemiliknya sampai 100% berkat desain tactical knife yang lebih sederhana dari pendahulunya (ASUS ROG Phone 2).

Kecantikan? Apakah wanita juga ada yang suka bermain gim hardcore seperti para laki-laki? Iya, karena gamers masa kini tidak lagi dimonopoli oleh kaum adam. Kaum hawa pun, sudah banyak yang mengekspresikan energi positif pada dirinya dengan cara memainkan gim kesukaannya.

Seperti gamers wanita yang satu ini semakin cantik dengan amunisi ASUS ROG Phone 3. Iya kan? Iya, no debat. Hehehe..


Desain ASUS ROG Phone 3 tampil futuristik, trendi, dan sporty sehingga menyita perhatian orang disekitar ketika ditenteng kemana-mana.

Di bodi belakang ada logo ROG yang memiliki lampu RGB, dengan ukuran relatif besar, dan terlihat mencolok yang sering dijumpai di laptop-laptop gaming Asus ROG.

Logo ekslusif ROG ini disebut Aura RGB lighting, yang bisa diatur sesuka hati di Game Center. Aura RGB lighting bisa memancarkan berbagai mode warna seperti breathing, static, color cycle, dan strobing. Pengguna ASUS ROG Phone 3 juga bisa memilih warna suka-suka, mengatur kecerahan, dan kecepatan kedip.

Foto : ASUS

Penempatan lubang charger yang ergonomis di sisi kiri bodi, serta bagian bawah body dan tombol navigasi volume - power di sisi kanan body yang sangat strategis.

Pada bodi samping kiri ASUS ROG Phone 3 terdapat slot dual SIM card dan dua port yang ditutup oleh panel karet. Port USB tipe-C yang berwarna hitam adalah untuk mengisi daya, transfer data dan memasang berbagai aksesori tambahan. Sementara port yang di bawah USB tipe-C digunakan untuk mendukung port USB tipe-C dalam hal transfer data antara ponsel dan aksesori tambahan.

Foto : ASUS

Penempatan yang cermat dari tim R&D ASUS dengan tujuan supaya pengguna ASUS ROG Phone 3 tidak terganggu dengan kabel charger saat memainkan gim dalam keadaan ponsel sambil diisi daya atau menambahkan perangkat aksesoris tambahan.

4. 2. Audio


Foto : ASUS

Mendengarkan suara announcer yang mengucapkan enemy has been slain di gim Mobile Legends akan semakin stereo, jernih, full bass, dan menggelegar. Karena ASUS ROG Phone 3 memiliki dual speaker menghadap ke depan yang terletak di atas dan di bawah bodi (suara tidak akan tertahan akibat tertutup oleh telapak tangan). Bukan sembarang speaker, speaker ASUS ROG Phone 3 sudah dilengkapi GameFX HD besutan Dirac, perusahaan audio dari Swedia yang, memiliki pengalaman dan reputasi dalam mengoptimalkan produk audio mobile, home entertainment, dan otomotif.

Audio ASUS ROG Phone 3 mengadopsi teknologi crosstalk cancellation yang berfungsi ketika pengguna ASUS ROG Phone 3 menggunakan headphone ROG mampu tercipta suara yang stereo, dan jernih (sehingga dialog suara terdengar jelas sampai yang paling lembut dan paling halus sekalipun, seperti langkah kaki di dalam game).

4. 3. Accessories


Foto : ASUS

Aksesori modular nan ekslusif ASUS ROG Phone 3 yang dapat membuat pengalaman bermain gim semakin immersive dijual terpisah dengan harga yang bervariasi. Hanya aero case yang disertakan dalam paket pembelian.

4. 3. 1. ROG Lighting Armor Case


Lighting armor case memiliki fungsi untuk melindungi ASUS ROG Phone 3 dari tekanan, goresan dan benturan. Lighting armor case juga memancarkan pencahayaan Aura untuk meningkatkan kesan premium dan prestise.

Foto : ASUS

4. 3. 2. AeroActive Cooler 3


AeroActive Cooler 3 adalah kipas pendingin eksternal dengan mode clip-on style. AeroActive Cooler 3 menyuplai aliran udara ke hotspot pada casing, dan suplai udara terkonsentrasi di sekitar CPU dan chip 5G. Berkat suplai aliran udara dari AeroActive Cooler 3, dapat menurunkan suhu permukaan hingga 4° C.

Bentuk dan material AeroActive Cooler 3 sangat kompak dan mudah digunakan dengan cara cukup dipasang pada port type-C yang ada di sisi sebelah kiri. AeroActive Cooler 3 memiliki post USB Type-C untuk pengisian daya, port 3.5mm audio jack untuk menghubungkan headphone ke ASUS ROG Phone 3, dan stand untuk membuat ASUS ROG Phone 3 dapat berdiri atau disandarkan dalam mode landscap.

AeroActive Cooler 3 juga diperlukan ketika akan mengaktifkan level 3 pada mode X Armoury Crate. Karena level 3 meningkatkan performa ASUS ROG Phone 3 ke performance yang paling tinggi, maka AeroActive Cooler 3 wajib terpasang supaya temperatur suhu ASUS ROG Phone 3 tetap adem.

Foto : ASUS

4. 3. 3. TwinView Dock 3


TwinView Dock 3 adalah layar sekunder yang memiliki kipas pendingin, baterai 5000 mAh, dan 144Hz refresh rate. TwinView Dock 3 berfungsi untuk lebih memperluas dan menampilkan tampilan layar dari sudut pandang yang berbeda.

Saat memainkan gim racing (balapan), TwinView Dock 3 sangat berguna untuk menampilkan navigasi map dengan luas. Sehingga layar utama bisa fokus untuk menampilkan arena balapan.

Foto : ASUS

4. 3. 4. ROG Clip


Kalau sebelumnya sudah mempunyai controller dari konsol, bisa dihubungkan dengan mudah ke ASUS ROG Phone 3 berkat aksesoris ROG Clip. Caranya mudah, tinggal pasangkan ROG Clip pada controller, lalu tempatkan ASUS ROG Phone 3 pada dudukan yang telah disediakan.

Foto : ASUS

4. 3. 5. ROG Kunai 3 Gamepad


Apabila fitur AirTrigger 3 masih dirasa kurang greget, ROG Kunai 3 Gamepad solusinya. Memiliki tampilan baru yang lebih kokoh dan fleksibel, ROG Kunai 3 Gamepad sudah didukung fitur key mapping otomatis melalui Game Genie.

Foto : ASUS

4. 3. 6. Mobile Desktop Dock


Supaya lebih puas saat bermain gim, aksesoris Mobile Desktop Dock dapat memberikan pengalaman ekstra dengan cara disambungkan ke perangkat monitor, mouse, dan keyboard. Sehingga pengguna ASUS ROG Phone 3 dapat merasakan sensasi bermain gim di PC desktop dan smartphone sekaligus.

Foto : ASUS

4. 3. 7. Aero Case


Case biasa yang tipis dan memiliki 3 lubang unik sebagai tempat untuk menampilkan logo ASUS ROG RGB, 3 kamera belakang, dan tulisan Republic of Gamers.

Foto : ASUS

Dengan alat tempur tambahan yang begitu lengkap, ASUS ROG Phone 3 telah mendobrak batasan dan membuat terobosan yang menciptakan tatanan baru pada dunia mobile gaming. ASUS ROG Phone 3 layak mendapatkan gelar game changer.

Spesifikasi lengkap ASUS ROG Phone 3


Fitur
ASUS ROG 3
Weight and Dimensions Weight: 240 grams (8.47 ounces)

P (171mm/6.73 inches), L (78mm/3.07 inches), T (9.85mm/0.39 inches)
SIM Cards Dual SIM slots

Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card
Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card
5G+4G or 4G dual-SIM / dual-standby support;
5G services are only supported in 5G network-enabled locations in 5G-ready countries.
Speed 5G Download up to 2.8 Gbps dan upload up to 542 Mbps
Network Standard GSM/GPRS/EDGE; WCDMA/HSPA+/DC-HSPA+; FDD-LTE; TD-LTE; CDMA; TD-CDMA; 5G Sub 6 SA/NSA
Wireless Technology Integrated WiFi 6 (802.11a/b/g/n/ac/ax, 2x2 MIMO)

Dual-band 2.4GHz/ 5GHz WiFi
Bluetooth® 5.1 (BR/EDR+LE), supports Qualcomm® aptX™ Adaptive
Wi-Fi Direct, NFC
Processor CPU: 3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor

GPU: Qualcomm® Adreno™ 650
Operating System Android™ 10 with ROG UI
Navigation Glonass (L1), GNSS support GPS (L1/L5), QZSS (L1/L5), BeiDou (B1/B2a), Galileo (E1/E5a), and NavIC (L5)
Memory LPDDR5 RAM. RAM 8GB ROM 128GB & RAM 12GB ROM 256GB. UFS 3.1
Display 6.59" 19.5:9 (2340 x 1080) 144 Hz / 1 ms AMOLED 10-bit HDR display

Delta-E ‹ 1
Kecerahan 650 nits luar ruangan
Kecerahan maksimal 1,000 nits
TรœV Low Blue Light and Flicker Reduced untuk kenyamanan mata
HDR10 and HDR10+ certified
113.3% DCI-P3, 108.8% NTSC, 153.7% sRGB color gamut coverage
Rasio kontras 1,000,000:1 AMOLED display berpelindung Corning® Gorilla® Glass 6
Mendukung layar selalu menyala (Always-On display)
Layar sentuh kapasitif dengan 10-point multitouch (termasuk ketika menggunakan sarung tangan)
Battery 6000 mAh (typical) high-capacity battery

Supports Quick Charge 4.0 and PD Charging
Power Adapter Output: +5.0-10.0V 3.0A, supports up to 30.0W PD 3.0 / Direct Charge adapter
Main Rear Camera Sony® flagship IMX686 64 MP image sensor

1/1.7” large sensor size 0.8 ยตm pixel size
Quad Bayer technology - 16 MP, 1.6 ยตm large effective pixel size
F1.8 aperture
26.6mm equivalent focal length in 35mm film camera
6p lens
2x1 On-chip-lens phase detection autofocus
LED flash

Rear camera modes:
Photo, Portrait, Panorama, Night, Pro
Second Rear Camera 13 MP, 125° kamera ultra lebar

200% tangkapan lebar
Koreksi instan pada distorsi
11mm ekuivalen focal length in 35mm kamera film
Third Rear Camera Mode makro 5MP
Front Camera 24 MP 27mm ekuivalen focal length in 35mm film camera

Front camera modes: Photo, Portrait
Video Recording 8K UHD (7680 x 4320) video at 30 fps for main rear camera

4K UHD (3840 x 2160) video at 30 / 60 fps for main rear camera, at 30 fps for second rear camera
1080p FHD video recording at 30 / 60 fps
720p HD video recording at 30 fps
3-axis electronic image stabilization for rear cameras
Time Lapse (4K UHD video)
Slow Motion video (4K at 120 fps; 1080p at 240 / 120 fps; 720p at 480 fps)
Take still photo while recording video
Audio Speaker Dual front-facing speakers with Dirac HD Sound

7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect
Audio Output Hi-Res Audio 192 kHz / 24-bit standard (USB-C® output) that is 4x better than CD quality

Game Mode for better in-game sounding experience with localization capability
AudioWizard with multiple listening profiles
Microphone Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology
In the Box AeroActive Cooler 3 (only available for 12GB version)

Aero Case
USB-C® to USB-C® cable (120 cm)
USB-C® to 3.5mm headphone jack adapter
Ejector pin (SIM tray needle)
USB power adapter (30.0W)
Documentation (user guide, warranty card)

Sumber : www.asus.com/id/Phone/ROG-Phone-3/Tech-Specs/

Dengan melihat dan mengetahui keseluruhan spesifikasi teknis ASUS ROG Phone 3, worth it (setimpal) enggak sih dengan harga dan fungsi khusus untuk memainkan gim di ponsel?

Yes, of course. Berikut adalah kesimpulan dari ASUS ROG Phone 3 :

  1. Spesifikasi nomor 1 yang terbaru dan terbaik di semua bagian.


    Perpaduan chipset Qualcomm® SM8250 Snapdragon™ 865+ (7 nm+) + grafis Adreno 650 + Layar Amoled HDR10+ 650 nits 144Hz refresh rate + AirTrigger 3 + RAM 8/12 GB + 6.000 mAh battery = ๐Ÿ†๐Ÿฅ‡ The Ultimate Winner, auto chicken dinner (berhasil menjadi pemain atau tim terakhir yang bertahan hidup di pertempuran pada gim PUBG).

    Karena dengan spesifikasi yang powerful, hp gaming ASUS ROG Phone 3 adalah smartphone yang anti kentang-kentang klub, semua setelan grafis pada gim apapun bisa dilalui dengan sempurna. Miliki ASUS ROG Phone 3 sekarang, dan nikmati sensasi memainkan gim-gim hardcore di smartphone yang dirancang khusus untuk mobile elite gaming.

  2. Praktis


    Apakah masih zaman kemana-mana membawa koper dengan isi yang bejibun? Seperti :
    1. Konsol gim
    2. Kamera DSLR
    3. Gimbal stabilizer kamera
    4. Laptop
    5. Pemutar musik
    6. Berbagai kartu debit dan kredit

    Semenjak ada ASUS ROG Phone 3, untuk menggunakan fungsi dari masing-masing gadget di atas, kita tidak perlu lagi memiliki semua itu. Karena dengan satu ASUS ROG Phone 3 berada digenggaman tangan, sudah bisa melakukan itu semua : bermain gim, mengabadikan momen, mendapatkan hasil rekaman yang stabil, mengolah hasil rekaman video, mendengarkan musik stereo, sampai melakukan transaksi e-money.

    Memainkan gim di smartphone juga bisa lebih leluasa untuk kaum rebahan. Memainkan gim sambil tiduran dengan menggunakan smartphone sultan ASUS ROG Phone 3 dan ROG Kunai 3 gamepad rasanya beeeuuuh, nyaman abis.. senyaman aku dengan kamu, eh..

  3. Ekonomis (Kemahalan/Expensive)


    Memiliki hp ASUS ROG Phone 3 saat ini cukup merogoh kocek mulai dari Rp9 jutaan saja. Jika membeli keperluan di atas secara sendiri-sendiri (terpisah), dengan kualitas fitur yang mendekati spesifikasi ASUS ROG Phone 3, maka harganya :
    1. Konsol gim mulai dari Rp5 jutaan.
    2. Kamera DSLR mulai dari Rp10 jutaan.
    3. Laptop mulai dari Rp5 jutaan.
    4. Gimbal stabilizer kamera mulai dari Rp1 jutaan.
    5. Pemutar musik mulai dari Rp100 ribuan.

    Oleh sebab itu, ASUS ROG Phone 3 sangat layak untuk dimiliki sekarang juga. Baik para gamers untuk bermain gim, maupun non gamers untuk daily activity.

Karena di dunia ini segala sesuatu tidak ada yang sempurna. Maka, secara objektif harus diakui bahwa memang, fitur yang belum ada pada ASUS ROG Phone 3 adalah slot audio jack 3.5mm, sertifikasi IP68 (anti debu - anti air), sertifikasi MIL-STD 810G (tahan banting/guncangan), dan bezel layar yang bagi sebagian kecil gamers milenial dan gen-z dirasa masih kurang optimal.

Untuk saat ini, ketiadaan port audio jack 3.5mm bisa dimaklumi. Karena secara teknis diperlukan penyesuaian untuk dapat memasang dual speaker stereo yang menghadap ke depan. Dan, sudah ada audio adapter di AeroActive Cooler 3 untuk pengganti slot audio jack 3.5mm pada body.

Well, semoga keempat fitur penting tersebut dapat disematkan pada generasi ASUS ROG Phone series berikutnya. Karena para gamers sangat mencintai ASUS, maka tidak ada salahnya kan memberikan saran yang konstruktif (membangun)?

Saran membangun tentang pentingnya ketersediaan fitur MIL-STD 810G (tahan banting/guncangan) pada ASUS ROG Phone series berikutnya ini berangkat dari pengalaman para gamers milenial dan gen-z yang, karena terlalu gembira (euforia), sampai lepas kontrol, sehingga sampai-sampai smartphone di genggaman tangan tanpa sengaja terlempar, ketika bereaksi merayakan keberhasilan menjadi pemenang. Hahaha..

๐Ÿ‘ธ
Eh Pah, tapi Mamah masih penasaran loh, dari mana saja sumber penghasilan gamers, selain yang sudah benar-benar profesional sebagai atlet olahraga eSports? Setahu Mamah kan kompetisi itu juga tidak rutin ada setiap hari, atau setiap pekan. Iya kan? Nah gamers amatir seperti Papah, apa bisa mendapatkan penghasilan dari main game doang?

๐Ÿคด
Penghasilan gamers terbesar memang dari ikut kejuaraan (kompetisi), Mah. Apalagi kalau bisa sampai ikut kejuaraan internasional. Selain hadiahnya besar, bisa turut mengharumkan nama bangsa. Kalau sudah berprestasi dan punya nama besar, maka job dan cuan akan semakin mengalir ke kantong gamers. Job yang berdatangan bisa berupa endorsement, kolaborasi, sampai diminta menjadi brand ambassador sebuah produk. Nah, buat yang masih amatir seperti Papah, ketika tidak ada kompetisi, kita bisa mengupload rekaman layar saat bermain game ke youtube. Peminat dan penonton konten game itu banyak sekali. Sehingga mudah mendapatkan subscribers dan jam tayang, sebagai syarat monetisasi channel youtube.
๐Ÿ‘ธ
Oh, begitu. Pah, Mamah juga jadi mau punya penghasilan tambahan yang, bisa dikerjakan dari rumah, seperti ide Papah. Jadi, Mamah ingin bisa mengurus rumah tangga, mengasuh anak, sekaligus punya kegiatan produktif. Ketimbang ngerumpi (ngegosip) dengan tetangga. ๐Ÿ˜…๐Ÿคญ Kira-kira, apa ya Pah?

๐Ÿคด
Kalau Mamah mau mencoba dan belajar. Mamah bisa bisnis online dan part time content creator : blogger, youtuber, influencer, desainer, dan lain-lain. Itu semua bisa dikerjakan dari rumah loh Mah. Mamah mau mencoba menjadi content creator? Menurut Papah, cocok banget buat Mamah yang narsis dan eksis di media sosial. ๐Ÿ˜„

๐Ÿ‘ธ
Content creator itu apa, Pah?

๐Ÿคด
Mamah membuat karya. Karya yang dibuat adalah karya yang menghasilkan nilai tambah dan manfaat buat orang banyak. Bukan karya yang mengejar popularitas, tapi isinya tidak bermutu. Seperti konten dewasa, mengelabui orang lain, dan lain-lain.

๐Ÿ‘ธ
Iya Pah. Kalau Papah saja perlu smartphone gaming ASUS ROG Phone 3 buat berlatih, Mamah juga ingin gawai yang, bisa menunjang produktivitas sebagai content creator dong Pah. Kira-kira, Mamah perlu alat apa nih Pah? Laptop ya?

๐Ÿคด
Hm.. Mamah ini. Selalu begitu. Kalau Papah ingin sesuatu, Mamah suka ikut-ikutan. Profesi content creator memang memerlukan gadget pendukung. Papah kasih saran, Mamah beli laptop terbaru dari ASUS. ASUS belum lama ini baru saja merilis ASUS VivoBook Ulltra 14 K413. Harganya hampir samaan dengan ASUS ROG Phone 3 untuk varian Intel® Core™ i5 10210U Processor generasi ke-10, grafik NVIDIA® GeForce® MX350, 8GB DDR4 RAM, 512GB PCIe® Gen3 x2 SSD M.2, layar 14 FHD, dan 3-Cell 42 Wh Battery.


๐Ÿ‘ธ
๐Ÿ˜Š Jangan cuma bisa kasih saran dong Pah. Beliin.. ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜

๐Ÿคด
Iya sudah. Sekarang kita tidur. Besok siang kita sama-sama ke ASUS Official Store. Papah beli smartphone gaming ASUS ROG Phone 3. Mamah beli laptop ASUS VivoBook 14 K413.

๐Ÿ‘ธ
Mamah sudah tidak sabar Pah. Beli online saja di ASUS Official Store juga ada kok. Kita tidak perlu repot-repot harus keluar rumah. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini. ASUS Official Store ada di Eraspace, Tokopedia, Blibli, jd.id, dan Shopee loh Pah.

๐Ÿคด
Memang Mamah ini paling gercep kalau soal belanja. Ya sudah, belanja online sekarang di ASUS Official Store. (END - ARP).